1. Pendahuluan

1.1 Pengertian Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi dalam aplikasi adalah suatu komitmen yang nyata dari PT. Gudang Ada Globalindo untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi dari Pengguna aplikasi .

1.2 Penetapan Dasar Kebijakan Privasi

Pada saat Pengguna mengakses dan/atau mempergunakan layanan , Pengguna menyatakan bahwa setiap data pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada untuk memperoleh, mengumpulkan, mengelola, menganalisa, mempergunakan, dan menyimpan data tersebut, sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan yang ada di aplikasi .

2. Waktu Perolehan dan Pengumpulan Data dan Informasi Pribadi Pengguna

Untuk memproses data transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Aplikasi , serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka akan mengumpulkan data dan informasi pribadi Pengguna pada saat :

  1. Mendaftar diri dan/atau menggunakan Layanan , atau membuka sebuah akun dengan ,
  2. Menggunakan produk dan layanan kemudian membuat perjanjian serta mengirimkan file/data apapun, tetapi tidak terbatas pada formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan , baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy,
  3. Berinteraksi dengan kami melalui layanan customer service, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), chat, surat, faks, pertemuan tatap muka, media sosial dan email,
  4. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna,
  5. Mengisi data-data Akun Bank pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Aplikasi , namun tidak terbatas pada data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, mobile banking, dan gerai ritel

3. Data dan Informasi Pribadi Pengguna yang dikumpulkan oleh

Data dan informasi pribadi Pengguna yang mungkin akan dikumpulkan termasuk tetapi tidak terbatas pada :

  1. data Pribadi Pengguna, seperti Akun Pengguna (yang berisikan foto, No Hp, Alamat Email, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Agama, No KTP, Status Pajak), Akun Bank Pengguna (yang berisikan No Rekening Bank, Nama Bank, Nama Pemilik Rekening Bank, Kantor Cabang Bank), dan Alamat Pengiriman,
  2. data yang dikirim oleh dan/atau terhubung dengan perangkat-perangkat yang digunakan untuk mengakses Layanan, dan
  3. data lain yang akan dipersyaratkan di kemudian hari.

4. Penggunaan Data dan Informasi Pribadi Pengguna

dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian data dan informasi pribadi Pengguna yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam point 3 untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Aplikasi , termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada Pengguna.
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan , termasuk:
    1. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, dan/atau memfasilitasi layanan marketplace, pembiayaan, pinjaman, maupun produk-produk lainnya melalui Aplikasi ;
    2. Memungkinkan fitur untuk mempribadikan akun Pengguna, seperti Wishlist dan Toko Favorit; dan/atau
    3. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada aplikasi , seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Customer Service yang ada di Aplikasi , diantaranya untuk:
    1. Mempermudah Pengguna dalam mengenal tentang
    2. Mempermudah Pengguna mengetahui cara penggunaan Aplikasi
    3. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna; dan
    4. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan .
  4. Menghubungi Pengguna melalui chat, email, surat, telepon, faks, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian segala permasalahan dan kendala yang terjadi.
  5. Menggunakan data dan informasi pribadi Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan layanan-layanan pada Aplikasi , serta mengembangkan fitur dan produk baru.
  6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Aplikasi maupun melalui media lainnya. juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses program dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan dan mitra usahanya.
  7. melakukan monitor ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitor atau investigasi transaksi tersebut.
  8. dalam keadaan dimana mungkin memerlukan, menggunakan, ataupun mengungkapkan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan .

5. Pengungkapan Data dan Informasi Pribadi Pengguna

menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan data dan informasi pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. dibutuhkan adanya pengungkapan data Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu dalam menyajikan layanan pada Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Aplikasi, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, pengiriman produk, dan lain-lain.
  2. dapat menyediakan informasi yang relevan kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau aplikasi lain yang telah saling mengintegrasikan API (Application Programming Interface) atau layanannya, atau mitra usaha yang mana telah bekerjasama untuk mengantarkan promosi, program, atau layanan yang dikhususkan.
  3. dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha (seperti penyedia logistik, pengiriman barang, pembayaran, dan lain-lain) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
  4. dapat menyediakan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma riset, atau penyedia layanan sejenis.
  5. pengguna menghubungi melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Aplikasi, komunikasi antara Pengguna dan mungkin dapat dilihat secara publik.
  6. dapat membagikan informasi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama .
  7. dapat membagikan data atau informasi Pengguna yang diperlukan dalam rangka kelayakan kredit kepada lembaga atau biro pemeringkat kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP).
  8. mengungkapkan data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum.

6. Cookies

  1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu aplikasi.
  2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
  3. Kami dapat menautkan informasi Cookies ke data pribadi. Cookies juga tertaut ke informasi mengenai item apa yang sudah Pengguna pilih untuk halaman dan pembelian yang Pengguna lihat. Informasi ini juga digunakan untuk melacak troli belanja Pengguna misalnya. Cookies juga digunakan untuk menyampaikan konten spesifik sesuai minat Pengguna dan untuk memantau penggunaan Layanan .

7. Pilihan Pengguna dan Transparansi

  1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi , maka Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap Kebijakan Privasi .
  2. Pengguna dapat mengakses dan mengubah data dan informasi pribadi Pengguna melalui fitur Profil pada Aplikasi .
  3. tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna.
  4. Sejauh diizinkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data dan informasi pribadi Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan lainnya.

8. Penyimpanan dan Penghapusan Data dan Informasi Pribadi Pengguna

akan menyimpan data dan informasi pribadi Pengguna selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

9. Pembaruan Kebijakan Privasi

dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi . menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun yang terjadi. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Aplikasi maupun Layanan lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi .

© 2020 GudangAda All Rights Reserved.